Jalani Hidup dengan Ikhlas dan Sabar

PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA

PANCASILA DALAM  KONTEKS  SEJARAH  PERJUANGAN  BANGSA  INDONESIA


Sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik, di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Bahwasanya Pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa, yang telah diuji kebenaran, kemampuan dan kesaktiannya, sehingga tak ada satu kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia.

Menyadari bahwa untuk kelestarian kemampuan dan kesaktian Pancasila itu, perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus penghayatan dan pengamamalan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya oleh setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah.

Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia sebelum disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI, nilai-nilainya telah ada pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum bangsa Indonesia mendirikan negara. Adapun nilai-nilainya yaitu berupa nilai-nilai adat istiadat, kebudayaan, serta nilai – nilai religious. Nilai – nilai tersebut kemudian dirumuskan sebgai materi Pancasila secara formal yang dilakukan melalui beberapa proses yaitu pada siding BPUPKI pertama, siding panitia 9, siding BPUPKI kedua dan akhirnya disahkan secara yudiris sebagai filsafat negara Indonesia. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini membentuk negara yang sangat erat kaitannya dengan jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, secara epistemologis sekaligus sebagai dasar negara juga sebagai pandangan hidup bangsa, jiwa , dan kepribadian bangsa serta sebagai perjanjian luhur bangsa.

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat, pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu satu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu, dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Jadi pancasila pada dasarnya satu bagian atau unit-unit yang berkaitan satu sama lain, dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing.Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia, Pancasila pada hakikatnya adalah system nilai (value system) yang merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sepanjang sejarah, yang berakar dari unsure-unsur kebudayaan luar yang sesuai sehingga secara keseluruhannya terpadu menjadi kebudayaan bangsa Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari proses terjadinya pancasila yaitu melalui suatu proses yang disebut kausa materialism karena nilai-nilai dalam pancasila sudah ada dan hidup sejak zaman dulu yang tercermin dari kehidupan sehari haripandangan yang diyakinikebenarannya itu menimbulkan tekad bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan dalam sikap dan tingkah laku serta perbuatannya. Disisi lain, pandangan itu menjadi motor penggerak bagi tindakan dan perbuatan dalam mencapai tujuannya

Nilai – nilai essensial yang terkandung dalam Pancasila yaitu :
Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan serta keadilan, dalam kenyataannya secara objektif telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala, kemudian munculnya kerajaan – kerajaan pada aband ke IV.

·         Zaman Kutai
Masyarakat Kutai membuka zaman sejarah Indonesia pertama kalinya ini menampilkan sosial  politik dan ketuhanan dalam bentuk karangan kenduri serta sedekah kepada Brahmana.
·         Zaman Sriwijaya
Pada abad ke VII munculah suatu kerajaan di Sumatera yaitu kerajaan Sriwijaya yang dibawah kekuasaan wangsa Syilendra. Kerajaan ini adalah kerajaan maritime yang mengandalkan kekuatan lautnya seperti selat Sunda, selat Malaka. Dalam sistim pemerintahannya terdapat pegawai pengurus pajak, harta benda. Pada saat itu, kerajaan dalam menjalankan system negaranya tidak dapat dilepaskan dengan nilai ketuhanan.
·         Zaman Kerajaan-Kerajaan Sebelum Majapahit
Banyak kerajaan yang menanamkan nilai-nilai nasionalisme seperti di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada kerajaan Airlangga mengalami penggemblengan lahir dan batin. Para rakyat dan Brahmana bermusyawarah sebagai perwujudan sila ke-4.


·         Kerajaan Majapahit
Pada tahun 1923 berdirilah kerajaan Majapahit di bawah pemerintahaan raja Hayam Wuruk dengan Majapatih Gajah Mada yang dibantu oleh Laksamana Nala, Pada saat ini di perkenalkan pula istilah “bhineka tunggal ika” dalam kitab Sutasoma. Sumpah Palapa pun diucapkan untuk mempersatukaan semua wilayah kerajaan.
·         Zaman Penjajahan
Setelah Majapahit runtuh, maka berkembanglah agama Islam dengan pesatnya di Indonesia. Bersama dengan itu, maka berkembang pula kerajaan-kerajaan Islam seperti kerajaan Demak. Selain itu, berdatangan juga bangsa-bangsa Eropa di Nusantara.
Bangsa asing yang masuk ke Indonesia pada awalnya berdagang, namun kemudian berubah menjadi praktek penjajahan. Adanya penjajahan membuat perlawanan dari rakyat Indonesia di berbagai wilayah nusantara, namun karena tidak adanya kesatuan dan persatuan di antara mereka maka perlawanan tersebut senantiasa sia-sia.
·         Kebangkitan Nasional
Pada masa ini banyak berdiri gerakan-gerakan nasional untuk mewujudkan suatu bangsa yang memiliki kehormatan akan kemerdekaan dan kekuataannya sendiri.
·         Zaman Penjajahan Jepang

Pada tanggal 29 April 1945 bersamaan dengan ulang tahun kaisar Jepang, Jepang memberikan hadiah “ulang tahun” kepada bangsa Indonesia yaitu “kemerdekaan tanpa syarat”. Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka sebagai wujud realisasinya terbentuklah suatu badan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia) , Pada hari itu juga diumumkan sebagai Ketua (Kaicoo) Dr. KRT. Rajiman Widyodiningrat, yang kemudian mengusulkan bahwa agenda pada siding BPUPKI adalah membahas tentang dasar negara.
Tag : Artikel, Tugas
1 Komentar untuk "PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA"

PERMAINAN KARTU TERBAIK BERSAMA BANDAR RESMI DAN TERPERCAYA DEWAKIUKIU.NET
POKER DOMINO99 BANDARQ CAPSA SUSUN DUQ & BANDAR POKER DALAM 1 USER ID
MAU JADI KAYEH GAN???^.^
DISINI AJEH,GAK PERLU WAKTU LAME JADI KAYEH
* PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
* TRANSAKSI DANA SUPER CEPAT & AMAN
* PERMAINAN FAIR PLAYER VS PLAYER 100%
* DAPAT DI MAINKAN DENGAN HAPE ANDROID DAN IOS
* MEMBERIKAN BONUS CASHBACK MINGGUAN & SEUMUR HIDUP
PERMAINAN KARTU ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR BERSAMA AGEN BANDAR RESMI DEWAKIUKIU.COM POKER-DOMINOQQ-BANDARQ-CAPSASUSUN-ADUQ BANDARPOKER DALAM 1 USER ID
DAN JADILAH DEWA BESAR HANYA DISINI
KEUNTUNGAN BERMAIN BERSAMA DEWAKIUKIU.NET
* PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
* DEPOSIT&WITHDRAW SUPER CEPAT & TERJAMIN
* PERMAINAN FAIR PLAY, MEMBER VS MEMBER ( NO BOT )
* BISA BERMAIN MELALUI HP ANDROID DAN IOS
* BONUS ROLINGAN TERBESAR
* BONUS REFERALL SEUMUR HIDUP
* MINIMAL DEPO&WD RP.20.000
BANK AKTIF
BNI-BRI-BCA-MANDIRI-DANAMON
BBM: 33428C8D
WA :+855962762654

Back To Top