Jalani Hidup dengan Ikhlas dan Sabar

Contoh Laporan Wawancara




TUGAS BAHASA INDONESIA

Laporan Hasil Wawancara

 
 


D
I
S
U
S
U
N

OLEH


ØGanti dengan nama kalian(01)
Ø ....................................................................................................... (02)
Ø ..........................................................................................................(03)
Ø.......................................................................(04)



XII IPA 2 ( Ganti Sesuai Kelas Kalian )



SMA (Nama Sekolah Kalian)
Tahun Ajaran......








LAPORAN WAWANCARA
 


Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan informasi dengan menanyakan langsung kepada seorang narasumber. Tanya jawab dilakukan oleh pewawancara dan yang diwawancarai (narasumber). Karena merupakan teknik pengumpulan informasi, hasil wawancara dituankan dalam sebuah laporan.

Berikut ini teks hasil wawancara kami terhadap seorang wiraswasta. Dia adalah Ganti , Wiraswasta (Pedagang bakso) , yang telah lama bekerja di sekolah kami. Berkaitan dengan tugasnya sebagai seorang pedagang, Ganti menjelaskan kepada kami dalam memulai usahanya. Berikut Profil dan Petikan wawancara kami :

PROFIL  (Narasumber) :

NAMA                 :  ALDO
TTL                      : TATOR , 12 SEPTEMBER 1972
ALAMAT             :  JLN. KERUNG KERUNG Lr. 12 no. 12
USIA                    : 40 TAHUN
PEKERJAAN       : WIRASWASTA



PERTANYAAN ;

1.      APA ALASAN ANDA MEMILIH PEKERJAAN INI ?
Ø  Alasan saya memilih pekerjaan ini , karena  dari dulu saya menyukai BAKSO . Dan itu membuat saya ingin membuka usaha bakso sehingga saya sekarang membuka usaha sendiri , selain itu karena saya tidak punya keahlian lain selain membuat bakso .


2.      SIAPA YANG MEMOTIVASI ANDA UNTUK MELAKUKAN PEKERJAAN INI ?
Ø  Saya termotivasi dari teman teman saya yang juga punya pekerjaan yang sama dengan saya .



3.      MENGAPA ANDA TERTARIK DENGAN PEKERJAAN INI?
Ø  Karena pekerjaan ini adalah pekerjaan satu-satunya yang saya bisa lakukan dengan baik. Selain itu karena menurut orang-orang yang telah mencoba bakso yang saya buat , bahwa bakso saya sangat enak ,

4.      BAGAIMANA CARA ANDA MENGEMBANGKAN USAHA ATAU BISNIS INI ?
Ø  Cara saya mengembangkan bisnis ini adalah dengan membuka cabang di tempat-tempat lain dan juga memperbanyak cabang-cabang yang sudah ada. Selain itu saya juga selalu berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam bisnis saya agar bisnis ini berjalan dengan baik dan lancar.

5.      SEJAK KAPAN ANDA MEMULAI USAHA INI?
Ø  Saya memulai usaha ini sejak saya berumur 24 tahun, yaitu sejak tahun 1996. Saat itu saya memulai usaha saya dengan gerobak dorong yang saya pinjam dari teman saya dan hasil dari penjualan saya, masih saya bagi dua dengan teman saya yang meminjamkan gerobak.

6.      DIMANA LAGI CABANG ANDA SELAIN DI SMA KARTIKA XX-1?
Ø  Selain di SMA Kartika XX-1  saya membuka cabang lain di SD Mangkura. Dan di SD Mangkura lebih  sukses daripada cabang yang berada di SMA Kartika XX-1

7.      BERAPA PENGHASILAN ANDA PERHARI DARI KEDUA CABANG ANDA TERSEBUT ?
Ø  Di SMA Kartika XX-1 saya mendapat penghasilan kira kira 500 ribu atau lebih. Sedangkan di SD Mangkura saya mendapat penghasilan kira kira 1 juta atau lebih.

8.      BANGAIMANA SARAN ANDA UNTUK ORANG ORANG YANG INGIN MEMULAI USAHA INI?
Ø  Saran saya adalah terus berusaha dan jangan mudah menyerah dalam mengembangkan usaha ini. Karena dengan terus berusaha kita pasti akan menjadi sukses dan lebih sukses lagi. Dan satu yang pasti teruslah berdoa kepada Tuhan agar diberikan kelancaran dalam usaha yang sedang dilakukan.Tersenyum dan selalu bahagia. Dan yang terpenting, jangan lupakan dukungan dari keluarga.





Kesimpulan :

          Setelah kelompok kami melakukan wawancara kepada narasumber dan mendapatkan informasi , Kami mendapat kesimpulan bahwa Semua usaha yang dijalani dengan tekundan sabar akan membawa manfaat tersendiri. Apapun yang menjadi usaha , walaupun itu kecil dan tak berpenghasilan banyak , tapi dengan sebuah kerja keras , maka pekerjaan itu akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan. Dan dalam melakukan sebuah pekerjaan harus terus berusaha , jangan mudah menyerah dan jangan melupakan dukungan dari keluarga.


0 Komentar untuk "Contoh Laporan Wawancara"

Back To Top